Anggota Prioritas Prioritas Indonetwork
Tahun ke-3
Pengurusan Pencairan Dana Pensiun
http://www.pencairan-pensiun.com
Apakah Anda Sedang Mengalami Kesulitan dalam Pencairan Dana Pensiun Anda ...?? Segera Hubungi Kami.
Informasi Kontak
Nama:
Tn. Latin C.S
[Direktur/CEO/Manajer Umum]
E-mail:
Situs Web:
Pesan Instan:

Y!: latincs17@yahoo.com Y!: latincs17
Google Talk:  latincs.bp@gmail.com  latincs.bp@gmail.com
PIN BlackBerry: 743B4023 743B4023
WhatsApp: 081293937553 081293937553
Nomor Telpon:
Nomor telpon Tn. Latin C.S di Menteng Jakarta Pusat
Nomor Ponsel:
Nomor ponsel Tn. Latin C.S di Menteng Jakarta Pusat
Alamat:
AJB Bumiputera 1912 Divisi Asuransi Kumpulan Jakarta Gedung Bumiputera Lantai 6 Jl.HOS.Cokroaminoto No.85
Menteng Jakarta Pusat 10310, Jakarta
Indonesia
Rata-rata Tinjauan Pemakai

Tidak ada ulasan untuk perusahaan ini

Tanggal Bergabung: 01 Jun. 2011Terakhir Diperbarui: 10 Apr. 2014
Sifat Dasar Usaha: Jasa dari kategori Keamanan & Perlindungan

Penjelasan Ringkas

DANA PENSIUN

Dana Pensiun adalah salah satu lembaga keuangan bukan bank di Indonesia yang mempunyai aktivitas memberikan jaminan kesejeahteraan pada masyarakat baik untuk kepentingan pensiun maupun akibat kecelakaan. Definisi dana pensiun menurut UU No. 11/ 1992 : Dana pensiun merupakan badan hukum yang mengelolah dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya.

Lembaga penyelenggara Dana Pensiun

• DANA PENSIUN PEMBERI KERJA ( DPPK )

Lembaga Dana Pensiun Pemberi Kerja ( DPPK) didirikan untuk menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti ( PPMP) atau program pensiun iuran pasti ( PPIP) .
Dana Pensiun Pemberi Kerja akan mengelola setoran dana dari perusahaan ( Pemberi Kerja) yang menggunakan jasanya dan kemudian memberikan manfaat pada saat karyawan perusahaan tersebut memasuki usia pensiun atau mengalami kecelakaan. Dana Pensiun Pemberi Kerja ( DPPK ) hanya boleh didirikan oleh Perusahaan dan untuk kepentingan internal Karyawannya.

• DANA PENSIUN LEMBAGA KEUANGAN ( DPLK )

Dana Pensiun Lembaga Keuangan ( DPLK) dapat dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa yang memiliki kemampuan menyelenggarakan program pensiun iuran pasti ( PPIP) bagi perorangan atau kumpulan. Peserta dana pensiun lembaga keuangan ini adalah masyarakat , baik yang terikat sebagai karyawan pada perusahaan tertentu maupun perorangan yang tidak terikat pada badan usaha apapun.
Berdasarkan ketentuan perusahaan asuransi jiwa yang dapat menyelenggarakan dana pensiun lembaga keuangan jika perusahaan itu memiliki kemampuan organisasi yang baik, telah berjalan minimal 5 tahun, memenuhi tingkat solvabilitas sesuai ketentuan dibidang asuransi, dan memiliki tingkat kesinambungan pertanggungan yang sehat.

Perbedaan PPMP dan PPIP dapat Kita lihat Sebagai Berikut :

• Program Pensiun Manfaat Pasti ( PPMP ) adalah Program pensiun yang menjanjikan manfaat pensiun peserta yang mana untuk besaran manfaatnya sudah ditentukan diawal atau sudah dijanjikan manfaatnya oleh Dana Pensiun Pemberi Kerja ( DPPK ) melalui Perusahaan sebagai Pemberi Kerja ( Pendiri Dana Pensiun ) . Misalkan manfaat yang dijanjikan oleh Pemberi kerja : 2, 5 % x Masa Kerja x Gajih Dasar Angsuran
Pemberi Kerja ( Pendiri Dana Pensiun ) Menawarakan Pensiun : Pensiun Normal, Pensiun Dipercepat, Pensiun Cacat, Pensiun Ditunda, Pensiun Janda / Duda dan Anak.

Dan kemudian untuk manfaat Pensiunnya yang menjalankan PPMP yang dikelola oleh pemberi kerja ( DPPK ) maka ketika Karyawan memasuki Pensiun Normal manfaatnya langsung dibayarkan secara berkala / setiap bulan kepada peserta utama sampai dengan seumur hidup peserta utama, ketika peserta utama meninggal dunia, maka manfaat bulanannya dilanjutkan kepada pasangannya 60 % dari pensiun peserta utama sampai dengan seumur hidup pensiun janda / Duda, ketika pensiun Janda / Duda meninggal dunia, maka manfaat pensiunnya dilanjutkan kepada anak sebesar 33, 33 % dari pensiun Janda / Duda sampai dengan usia anak 25 tahun, sudah bekerja, sudah menikah masimum 3 orang anak.

• Program Pensiun Iuran Pasti ( PPIP ) adalah program pensiun yang menjanjikan manfaat pensiun peserta berdasarkan besaran iuran yang ditentukan diawal dan peserta pensiun mendapatkan manfaat pensiun didasarkan pada Iuran dan hasil pengembangan yang diperoleh di dana pensiun ( DPLK ) serta dibukukan terhadap masing-masing rekening peserta. Manfaat pensiun peserta yang diperoleh sebesar ( Iuran + Hasil pengembangan di DPLK setempat ) .
Program Pensiun Iuran Pasti ( PPIP ) hanya boleh didirikan oleh Bank dan Perusahaan Asuransi Jiwa dan Produknya ( Dana Pensiun Lembaga Keuangan ) untuk dijual kepada masyarakat luas bisa dimiliki secara individual ataupun kolektif ( kumpulan ) .
Pensiun yang ditawarakan oleh DPLK ( Dana Pensiun Lembaga Keuangan ) diantaranya ; Pensiun Normal ( Iuran + Hasil pengembangan ( 55 – 56 tahun ) , Pensiun Dipercepat ( Iuran + Hasil pengembangan ( > 35 tahun ) .

Ketika peserta memasuki pensiun normal atau dipercepat dan atau besaran manfaat pensiunnya memenuhi ketentukan PMK No.16/ PMK.03/ 2010 maka manfaat pensiunnya wajib dibelikan Program Anuitas Seumur Hidup ke Perusahaan Asuransi Jiwa sesuai dengan pilihan peserta / Janda / Duda atau anak.
Adapun pola pembayaran manfaat pensiun peserta ketika mengikuti program pensiun iuran pasti ( PPIP ) baik itu yang dijalankan oleh DPLK / DPPK maka ketika peserta memasuki pensiun normal setelah manfaat pensiunnya dikenakan pajak penghasilan atas manfaat pensiun yang diterima, kemudian peserta hanya bisa menikmati manfaat sekaligus 20 % yang dikreditir langsung kerekening peserta dan pada saat itu juga Dana Pensiun akan mengkreditir 80 % Anuitas ke Perusahaan Asuransi Jiwa yang sudah dipilih oleh peserta sebelumnya.

Adapun pengertian Program Anuitas Seumur Hidup adalah penerimaan manfaat pensiun secara berkala setiap bulan kepada peserta utama sampai dengan seumur hidup peserta utama, jika peserta utama didalam perjalanannya terjadi meninggal dunia, maka manfaat pensiun bulanannya dilanjutkan kepada pasangannya Janda / Duda sebesar 60 % dari pensiun peserta utama sampai dengan seumur hidup Janda / Duda, Jika pensiun Janda / Duda meninggal dunia maka manfaat pensiun bulanannya dilanjutkan kepada Anak sebesar 33, 33% dari pensiun Janda / Duda sampai usia anak 25 tahun, sudah bekerja, atau sudah menikah maksimal 3 orang anak.

Ketika peserta belum memasuki pensiun dipercepat maka peserta tidak dapat mengambil atau menikmati dana pensiunnya harus menunggu sampai tiba waktunya memasuki usia pensiun dipercepat atau dialihkan ke DPLK lain sebagai peserta baru secara mandiri.

• PERUSAHAAN ASURANSI JIWA ( BUMIPUTERA )

Perusahaan Asuransi Jiwa adalah suatu lembaga pertanggungan yang menanggung resiko terhadap tertanggung yang disebabkan karena kerugian tertanggung yang timbul dari akibat suatu kejadian baik secara langsung maupun tidak langsung yang menyebabkan hilangnya nilai ekonomis seseorang baik itu individual maupuan bersifat kolektif.

Menurut Ketentuan Undang– undang No.2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian ( “ UU Asuransi” ) , Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Dalam hal pengelolaan Dana Pesangon Tenaga Kerja Perusahaan Pemberi Kerja dapat menyerahkan / mengalihkan pengelolaanya ke pada pihak ketiga apakah itu diserahkan ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan ( DPLK ) dengan Program manfaat Pensiun Iuran Pasti ( PPIP ) dengan dasar Hukum UU No.11 / 1992 ttg Dana Pensiun atau melalui Perusahaan Asuransi Jiwa dengan membeli Produk Asuransi Jiwa dengan sekema pola Asuransi dengan dasar UU No.2 / 1992 ttg Usaha Perasuransian dengan mendapatkan manfaat yang lebih lengkap.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Kewajiban perusahaan terhadap para pekerja ketika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) itu baru dapat dirasakan oleh Pemberi Kerja yang harus menyediakan Dana Pesangon untuk Karyawannya yang dananya tidak sedikit jika terjadi secara missal. Kewajiban Perusahaan atau Pemberi Kerja dapat dilihat dalam UU No. 13 / 2003 tentang KetenagaKerjaan diantaranya :

• Pasal 156 ayat ( 1, 2, 3 & 4 )
• Pasal 157 ayat ( 1, 2, 3 & 4 )
• Pasal 158 ayat ( 1 )
• Pasal 167 ayat ( 1 & 2 )

KRITERIA PROGRAM PENSIUN YANG LAYAK MENURUT
Pasal 167 ayat ( 2)

a. MP > ( 2 x Uang Pesangon) + ( 1 x Uang Penghargaan Masa Kerja) + Uang Penggantian Hak)
b. Iuran Pensiun dibayar penuh oleh pengusaha.
c. Jika Manfaat Pensiun ( MP) < dari butir a. di atas, maka selisihnya dibayar oleh pengusaha.

Adapun Program Asuransi Jiwa yang akan kami tawarkan kepada Pemilik Perusahaan / Pemberi Kerja atau dilevel Top Manajemen untuk dapat segera mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan Dana Pesangon Tenaga Kerja yang kami namakan :

PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN ( PKK )

Program Kesejahteraan Karyawan ( PKK ) adalah suatu program asuransi jiwa yang menjanjikan manfaat pensiun purnabakti lengkap kepada para peserta pensiun dengan sekema pola asuransi yang dikaitkan dengan Masa Kerja Yang Lalu dan Masa Kerja Yang Akan Datang.

Diantaranya manfaat purnabakti yang diberikan adalah sebagai berikut :
1. Purnabakti Normal
2. Purnabakti Meninggal
3. Purnabakti Awal
4. Purnabakti Cacat Tetap Total
5. Peserta Diberhentikan / Mengundurkan Diri

Penjelasan :

• PURNABAKTI NORMAL
Apabila peserta menjalani tugas sampai dengan masa Purnabakti Normal, maka kepadanya melalui Pemegang Polis dibayarkan dana sekaligus sebesar :

2, 6 x Masa Kerja x Gaji Dasar Asuransi Terakhir.

Dengan ketentuan :
Gaji Dasar Asuransi Terakhir dihitung berdasarkan gaji terakhir ( yang digunakan sebagai dasar pembayaran premi terakhir) pada saat peserta purnabakti normal.

• PURNABAKTI MENINGGAL DUNIA
Apabila peserta meninggal dunia dalam masa asuransi, maka kepada ahli waris peserta melalui Pemegang Polis dibayarkan dana sekaligus sebesar :

2, 6 x Masa Kerja x Gaji Dasar Asuransi Terakhir.

Dengan ketentuan :
Masa kerja yang dihitung adalah masa kerja yang akan dicapai pada usia purnabakti normal.
Gaji Dasar Asuransi Terakhir dihitung berdasarkan gaji terakhir ( yang digunakan sebagai dasar pembayaran premi terakhir dan sesuai UU RI No.13 Tahun 2003) pada saat peserta meninggal dunia.

• PURNABAKTI CACAT TETAP TOTAL

Apabila peserta mengalami cacat tetap total dalam masa asuransi akibat kecelakaan, sehingga tidak mampu bekerja lagi, yang dinyatakan oleh 2 ( dua) orang dokter, dimana salah seorang dokter tersebut ditunjuk oleh AJB Bumiputera 1912, maka kepada peserta melalui Pemegang Polis dibayarkan dana sekaligus sebesar :

2, 6 x Masa Kerja x Gaji Dasar Asuransi Terakhir.

Dengan ketentuan :

Masa kerja yang dihitung adalah masa kerja yang akan dicapai pada
usia purnabakti normal.
Gaji Dasar Asuransi Terakhir dihitung berdasarkan gaji terakhir ( yang
digunakan sebagai dasar pembayaran premi terakhir dan sesuai UU RI
No.13 Tahun 2003) pada saat peserta cacat tetap total.

• PURNABAKTI AWAL

Apabila peserta menginginkan purnabakti awal sebelum mencapai Purnabakti Normal dengan ketentuan peserta telah mencapai usia 50 ( lima puluh) tahun dan minimal masa kerja 20 ( dua puluh) tahun, maka kepada peserta melalui Pemegang Polis dibayarkan dana sekaligus sebesar :

2, 6 x Masa Kerja x Gaji Dasar Asuransi Terakhir.

Dengan ketentuan :
Masa kerja yang dihitung adalah masa kerja yang dicapai pada usia
purnabakti awal.
Gaji Dasar Asuransi Terakhir dihitung berdasarkan gaji terakhir ( yang
digunakan sebagai dasar pembayaran premi terakhir dan sesuai UU RI
No.13 Tahun 2003) pada saat peserta berusia 50 thn dan minimal masa
kerja 20 thn.

• PESERTA DIBERHENTIKAN / MENGUNDURKAN DIRI

Apabila peserta mengundurkan diri dari atau diberhentikan oleh perusahaan sebelum mencapai masa Purnabakti Normal dan belum mencapai usia dan masa kerja sebagaimana dalam ketentuan Purnabakti Awal, maka kepada peserta melalui Pemegang Polis dibayarkan dana sekaligus sebesar :

Faktor Nilai Tunai x Gaji Dasar Asuransi Terakhir.

Dengan ketentuan :
Masa kerja yang dihitung adalah masa kerja yang dicapai pada saat
peserta diberhentikan/ mengundurkan diri.
Gaji Dasar Asuransi Terakhir dihitung berdasarkan gaji terakhir ( yang
digunakan sebagai dasar pembayaran premi terakhir dan sesuai UU RI
No.13 Tahun 2003) pada saat peserta diberhentikan/ mengundurkan diri.
Faktor Nilai Tunai sesuai Tabel yang ditentukan.

• RASIONALISASI, PERUSAHAAN PAILIT ATAU BERALIHNYA PERUSAHAAN

Apabila peserta berhenti bekerja disebabkan oleh rasionalisasi, perusahaan pailit, atau karena beralihnya perusahaan, maka kepada peserta melalui Pemegang Polis dibayarkan dana sekaligus sebesar :

Faktor Nilai Tunai x Gaji Dasar Asuransi Terakhir.

Dengan ketentuan :
Masa kerja adalah masa kerja yang dicapai peserta pada saat
rasionalisasi, perusahaan pailit, atau beralihnya perusahaan.
Gaji Dasar Asuransi Terakhir dihitung berdasarkan gaji terakhir ( yang
digunakan sebagai dasar pembayaran premi terakhir dan sesuai UU RI
No.13 Tahun 2003) pada saat rasionalisasi, perusahaan pailit, atau
beralihnya perusahaan.
Faktor Nilai Tunai sesuai Tabel yang ditentukan.

UNTUK DAPAT TERSELENGGARAKANNYA PROGRAM KESEJATERAAN KARYAWAN PERUSAHAAN HARUS MENYEDIAKAN

• Ketersediaanya dana yang Cukup oleh Perusahaan
• Dalam menghitung Program Kesejahteraan Karyawan dibutuhkan 2 ( dua ) macam Premi yaitu : PSL ( Past Service liability ) & CSL ( Coming Service Liability ) artinya masa kerja yang lalu diperhitungkan dan Masa Kerja yang akan datang sampai peserta pensiun.

KETIKA PERUSAHAAN MEMUTUSKAN MENGAMBIL PKK ( Program Kesejahteraan Karyawan ) pada AJB Bumiputera 1912 lebih banyak pilihan benefit yang lengkap jika dibandingkan dengan menyerahkannya kepada DPLK diantaranya sbb :

1. Adanya pilihan benefit Program Kesejahteraan Karyawan ( PKK) diantaranya :

• Manfaat Pensiun Sesuai UU.RI No.13/ 2003
• Manfaat Pensiun Dikaitkan dengan Masa kerja Peserta misalkan
( 2, 6 x MK x GDA )
• Manfaat Pensiun menggunakan Formula misalkan( 32, 2 x Gaji Dasar Akhir )
- Purnabakti Normal = 32, 2 x GDA
- Purnabakti Meninggal = 32, 2 x GDA
- Purnabakti Cacat Total = 32, 2 x GDA
- Purnabakti Awal = 32, 2 x GDA

2. Adanya pilihan manfaat pensiun bagi Pesserta ( Karyawan ) dapat diberikan
secara sekaligus 100 % ( Lumpsum kepada peserta ) atau secara berkala
( Anuitas Seumur Hidup )

Adapun Pengertian Anuitas :

Program Anuitas Seumur Hidup adalah penerimaan manfaat pensiun secara berkala setiap bulan kepada peserta utama sampai dengan seumur hidup peserta utama, jika peserta utama didalam perjalanannya terjadi meninggal dunia, maka manfaat pensiun bulanannya dilanjutkan kepada pasangannya Janda / Duda sebesar 60 % dari pensiun peserta utama sampai dengan seumur hidup Janda / Duda, Jika pensiun Janda / Duda meninggal dunia maka manfaat pensiun bulanannya dilanjutkan kepada Anak sebesar 33, 33% dari pensiun Janda / Duda sampai usia anak 25 tahun, sudah bekerja, atau sudah menikah maksimal 3 orang anak.

BEBERAPA KEUNTUNGAN TERSELENGARANYA PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN ( PKK )

A. Keuntungan Bagi Perusahaan Menyerahkan Pengelolaan Pesangon / Program Kesejahteraan Karyawan kepada AJB Bumiputera 1912 sbb :

1. Perusahaan dapat dengan mudah mengontrol dan mengetahui Karyawan yang akan memasuki Usia pensiun dimasa mendatang.
2. Perusahaan Tidak perlu repot-repot dalam menyediakan dana pesangon yang cukup besar bagi Karyawan ketika mendadak PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja ) ketika terjadi PHK secara massal.
3. Perusahaan tidak terbebani Pajak atas penyerahaan pengelolaan Pesangon ke AJB Bumiputera 1912 yang diserahkan secara bertahap atau berkala.
4. Cash Follow dana perusahaan tidak terganggu dengan adanya pengelolaan pesangon secara terpisah dan menjamin karyawan akan tetap mendapatkan hak-hak manfaat pesangonnya dimasa mendatang.
5. Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui besaran anggaran yang dibutuhkan untuk alokasi pengelolaan Kesejahteraan Karyawannya dengan dikelola oleh AJB Bumiputera 1912.
6. Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui manfaat Purnabakti yang sudah ditentukan diawal yang akan didapatkan oleh Karyawannya, baik Purnabakti Normal, Purnabakti meninggal, Purnabakti Cacat Tetap, Purnabakti Awal, dan PHK mengundurkan diri dan atau PHK oleh Perusahaan.
7. Perusahaan dapat menghemat biaya dengan menyerahkan pengelolaannya kepada AJB Bumiputera 1912 seperti ; biaya pendirian dana pensiun, biaya menyediakan SDM , biaya menyediakan ruang kantor dan Gedung, sekaligus tidak menanggung kegagalan berinvestasi dimasa mendatang atas manfaat yang sudah ditentukan dan dijanjikan oleh pemberi kerja melalui AJB Bumiputera 1912 sebagai pengelola dana kesejahteraan.
8. Perusahaan terbebas dari ancaman Pidana dan Denda Kurungan oleh Pihak Berwajib, karena sudah melaksankan kewajibannya kepada karyawan dengan menyediakan Dana pesangon Karyawan yang dikelola oleh pihak ke-3 dengan mendapatkan manfaat sesuai dengan UU No.13/ 2003 tentang Ketenaga Kerjaan.
9. Perusahaan dapat memiliki nilai jual tinggi dimata Karyawan dan stakeholder dengan terjaminnya dana Kesejahteraan Karyawan dimasa mendatang dimata para calon investor.
10. Perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan calon Karyawan yang memiliki kualitas tinggi karena mengingat sudah mempunyai Jaminan Kesejahteraan Karyawan dimasa mendatang.
11. Perusahaan dapat mempertahankan Karyawan yang memiliki Prestasi-prestasi dibidangnya dengan adanya manfaat Jaminan Kesejahteraan Karyawan yang sudah disediakan.
12. Perusahaan akan memperolah keuntungan dengan dijalankannya Program Kesejahteraan Karyawan yang menjadikan karyawan akan semakin loyal dan mengabdikan dirinya sepenuhnya kepada perusahaan.

B. Keuntungan Bagi Karyawan yang menerima manfaat Program Kesejahteraan Karyawan yang dilaksanakan oleh Perusahaan sbb :

1. Karyawan mendapatkan kepastian dimasa medatang ketika memasuki Usia Purnabakti dalam mendapatkan jaminan Kesejahteraannya.
2. Karyawan mendapatkan manfaat yang lengkap dari Program Kesejahteraan Karyawan yang disediakan oleh perusahaan melalui kerjasama pengelolaan oleh AJB Bumiputera 1912 diantaranya seperti ; Purnabakti Normal, Purnabakti Meninggal, Purnabakti Cacat, Purnabakti Awal, PHK oleh Perusahan dan PHK kehendak sendiri.
3. Karyawan mendapatkan kepastian manfaat yang besarannya sudah ditentukan diawal yaitu Program Manfaat Pasti yang investasinya mendapatkan garansi oleh AJB Bumiputera 1912.
4. Karyawan dapat menentukan pilihan manfaat Purnabakti pada saat memasuki usia purnabakti sesuai keinginan dapat diambil sekaligus 100 % ( Lumpsum ) atau secara bulanan ( Anuitas Seumur Hidup )
5. Karyawan dapat dengan mudah mendapatkan pengurusan pencairan manfaat purnabakti ditempat cukup melalui bagian SDM diperusahaannya tidak perlu repot datang ke AJB Bumiputera 1912.

DATA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGHITUNG BENEFIT DAN PREMI PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN ( PKK ) Sbb :

• Tanggal mulai program asuransi.
• Tanggal lahir karyawan.
• Tanggal diangkat sebagai karyawan.
• Gaji karyawan terakhir.
• Asumsi kenaikan gaji per tahun.
• Jangka waktu program asuransi.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami :

Latin C.S
NL.10039776

AJB Bumiputera 1912
Divisi Asuransi Kumpulan Jakarta 3
Kantor Wilayah Jakarta IV
Gedung Bumiputera Lantai 6
Jl.HOS.Cokroaminoto No.85 Menteng
Jakarta 10310
Tlp.( 021) 2300549, 3901331
Fax.( 021) 3901329
WhatsApp : 08161110447
Mobile : 081210003252
E-mail : latincs.bp@ indosat.balckberry.com
Hallo Bumiputera 08001881912

PROSEDUR PENGURUSAN PENCAIRAN DANA PENSIUN

Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam UU RI No. 11/ 1992 tentang Dana Pensiun khusus dana pensiun yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti ( PPIP ) baik itu bentuknya DPPK / DPLK maka bagi peserta pensiun yang akan melakukan pengurusan pencairan dana pensiunnya pertama-tama akan dikenakan pajak atas manfaat pensiun sesuai dengan Peraturan Dana Pensiun ( PDP ) yang berlaku, kemudian peserta maksimal hanya boleh menikmati dana pensiun sekligus ( lumpsum) sebesar 20% dari saldo dana pensiunnya setelah dikurangi pajak, kemudian yang 80 % wajib dibelikan program Anuitas ke perusahaan asuransi Jiwa sesuai dengan pilihan peserta / Pasangan / ahliwaris dan sebagai tambahan informasi yang menjual Program Anuitas Seumur Hidup salah satunya adalah Asuransi Jiwa Bersama BUMIPUTERA 1912.

• PROSEDUR PENGURUSAN ANUITAS DI PERUSAHAAN ASURANSI JIWA
BAGI PESERTA DANA PENSIUN

1. Peserta mengisi form aplikasi dari perusahaan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan persyaratan sbb:

a. Mengisi dan menandatangani form Pembayaran Pensiun dari DPPK / DPLK asal dana pension peserta.
b. Mengisi dan menandatangani form Anuitas dari Perusahaan Asuransi Jiwa ( Bumiputera ) dan SPAJ ( Surat Penutupan Asuransi Jiwa ) .
c. Mengirim kartu/ buku asli peserta DPPK/ DPLK * )
d. Melengkapi dengan foto Copy diantaranya ; KTP, KK, NPWP, SK-pensiun,
e. Cover buku Tabungan, dan Laporan Saldo Bulan terakhir DPPK/ DPLK * * )

2. Kemudian Perusahaan Asuransi Jiwa membuatkan surat rujukan ke Dana Pensiun Berkas yang sudah siap akan diproses dan dikirim ke DPPK / DPLK tempat dana pensiun peserta.

3. DPPK / DPLK akan memproses dana pensiun peserta untuk dicairkan dan selanjutnya mengirimkan dana peserta setelah dikurangi pajak atas manfaat pensiun 20% dikreditir langsung kerekening peserta pada saat itu, dan 80% dikrediktir ke Perusahaan asuransi Jiwa
( Bumiputera ) untuk pembelian program anuitas ( sesuai dengan PDP) .

4. Dana pensiun peserta yang sudah di AJB Bumiputera 1912 maka peserta menerima pembayaran pensiun setiap bulan sampai dengan seumur hidup peserta Utama, jika meninggal dunia ( Peserta Utama) , maka manfaat bulanan turun kepada Janda / Duda sampai dengan seumur hidup. Jika janda / Duda meninggal dunia maka manfaat bulanan peserta turun kepada Anak sampai dengan usia 25 tahun, sudah bekerja, atau sudah menikah maksimal 3 orang anak. .

• PENGURUSAN PENGALIHAN DANA PENSIUN KE DPLK

1. Peserta mengisi form aplikasi yang dilengkapi dengan persyaratan sbb:

a. Mengisi dan menandatangani form pengalihan / Pembayaran Pensiun DPPK / DPLK) asal dana pensiun peserta.
b. Mengisi dan menandatangani form pendaftaran peserta baru ( form.dplk.BP.01 & form.dplk.BP.06 )
c. Mengirim kartu asli / buku asli peserta DPPK / DPLK * )
d. Melengkapi dengan foto copy seperti ; KTP, KK, NPWP, Surat Referensi Kerja, Cover Buku Tabungan, dan Laporan Saldo Bulan terakhir DPPK/ DPLK * * )

2. Kemudian DPLK ( Bumiputera ) membuatkan surat rujukan ke DPPK / DPLK Berkas yang sudah siap akan diproses dan dikirim ke DPPK / DPLK tempat dana pensiun peserta.

3. DPPK / DPLK akan memproses dan mengirimkan dana peserta ke DPLK Bumiputera dan sudah menjadi kepesertaan mandiri di dana pensiun yang baru ( sesuai dengan PDP) .

4. Setelah dana pensiun peserta diterima di DPLK yang baru peserta dapat memilih untuk menjadi kepesertaan secara mandiri sampai tiba waktunya mencapai usia pensiun atau mencairkannya dengan konsekuensi pengenaan administrasi pencairan dana pensiun.
Jika Dana pensiun peserta tidak diwajibkan membeli anuitas seumur hidup ( sesuai dengan PDP) maka akan dibayarkan tunai ( cash) di DPLK Bumiputera dikirim ke rekening peserta.

5. Jika Dana pensiun peserta diwajibkan mengambil anuitas seumur hidup ( sesuai dengan PDP) maka DPLK Bumiputera akan memproses pencairan dikurangi pajak atas manfaat pensiun kemudian 20 % dikreditir langsung kerening peserta pada saat itu dan 80% dikreditir ke perusahaan asuransi jiwa untuk pembelian program anuitas diperusahaan asuransi jiwa yang dipilih / ditunjuk oleh peserta dana pensiun.

Apa yang akan anda lakukan ketika anda sudah memasuki pensiun, segera menghubungi kami di alamat sbb :

Latin C.S
AJB BUMIPUTERA 1912
Divisi Asuransi Kumpulan Jakarta
Gedung Bumiputera Lt.6
Jl.HOS. Cokromaninoto No. 85 Menteng
Jakarta -10310
Hp. : 08161110447 -081210003252
PIN BB : 325A269C
E-mail: latincs.bp@ indosat.blackberry.com
E-mail: latincs.bp@ gmail.com

www.pencairan-pensiun.indonetwork.co.id

Segera hubungi kami untuk Pembelian Program Anuitas Seumur Hidup, Pengalihan Pensiun dan Pencairan Dana Pensiun anda ! ! Kami akan bantu pengurusannya rata-rata kami bisa selesaikan dalam waktu cepat, paling cepat 2 hari cair dan paling lama 5 hari cair untuk pengalihan pensiun. Dan untuk pengurusan Anuitas paling lambat 30 hari kerja cair sudah dapatkan manfaat bulanannya terhitung setelah dana efektif.

Langkah pengurusan Dana Pensiun bisa datang lansung kekantor kami atau cukup duduk manis ditempat semuanya kami yang mengurusnya tinggal terima beres Dana masuk kerekening anda dalam waktu cepat.

Dibuat oleh ; Latin C.S

Produk / Jasa Utama

Membeli :
  • Asuransi Kredit
    Sebuah program untuk melindungi mereka yang berhutang kepada lembaga keuangan. Termasuk: Asuransi Jiwa Ekawaktu Proteksi Kredit Kumpulan, Asuransi Jiwa Kredit Cicilan Bulanan Kumpulan, dan Asuransi Jiwa Kredit Cicilan Bulanan Annuitas Kumpulan.

    Kredit merupakan bagian dari kehidupan bisnis dan/ atau pribadi semua orang. Kredit memberikan dana untuk menunjang kegiatan bisnis dan pengeluaran modal, serta membuat investasi pribadi mungkin yang memungkinkan bagi individu yang berinvestasi di proyek-proyek seperti kepemilikan rumah atau renovasi.

    Peminjaman uang melalui fasilitas kredit merupakan bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, dan selama pinjaman dibayar sesuai dengan waktu yang ditetapkan, kredit tidak akan menimbulkan masalah. Namun jika terjadi keadaan yang tidak terduga, seperti kematian dini, tanggung jawab untuk membayar hutang tersebut mungkin menjadi beban yang sangat berat bagi mereka yang ditinggalkan.

    Program "Kredit" AJB Bumiputera 1912 dirancang untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang berhutang kepada lembaga keuangan. Perlindungan ini ditawarkan melalui tiga produk yang berbeda: Asuransi Jiwa Ekawaktu Proteksi Kredit Kumpulan, Asuransi Jiwa Kredit Cicilan Bulanan Kumpulan, dan Asuransi Jiwa Kredit Cicilan Bulanan Annuitas Kumpulan

    Asuransi Jiwa Ekawaktu Perlindungan Kredit Kumpulan. Asuransi ini memberikan jaminan/ santunan sebesar nilai pinjaman awal jika peserta asuransi (debitur) meninggal dunia dalam periode asuransi. Program asuransi ini digunakan sebagai perlindungan untuk kredit produktif (kredit usaha) karena saldo kredit bersifat fluktuatif selama jangka waktu perjanjian kredit.

    Asuransi Jiwa Kredit Cicilan Bulanan Kumpulan. Asuransi ini memberikan jaminan/ santunan sebesar nilai sisa pinjaman, yang menurun setiap bulan dan penurunan dihitung secara proporsional, jika peserta asuransi (debitur) meninggal dunia dalam periode asuransi. Program asuransi dapat digunakan sebagai perlindungan untuk kredit konsumtif karena sisa kredit menurun setiap bulan.

    Asuransi Jiwa Kredit Cicilan Bulanan Annuitas Kumpulan. Asuransi ini memberikan jaminan/ santunan sebesar nilai sisa pinjaman, yang menurun setiap bulan dan penurunan dihitung berdasarkan jumlah cicilan yang tergantung pada bunga pinjaman jika peserta asuransi (debitur) meninggal dunia dalam masa periode asuransi. Program asuransi ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jenis kredit seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), karena sisa kredit menurun setiap bulan tergantung dari besarnya bunga pinjaman.

    Besarnya Uang Pertanggungan (santunan) bagi masing-masing peserta ditetapkan berdasarkan total pinjaman (kredit) yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (kreditur dan debitur) atau diberikan oleh kreditur.

    Polis dan Sertifikat

    Polis Program Asuransi Jiwa Kredit dikeluarkan untuk 1 (satu) orang untuk masing-masing jenis asuransi kredit.

    Peserta asuransi (debitur) akan memperoleh sebuah sertifikat sebagai tanda bukti bahwa yang bersangkutan telah memperoleh perlindungan asuransi.
Menjual :
  • Anuitas Seumur Hidup
    Anuitas adalah Serangkaian pembayaran manfaat secara periodik (berkala) Setiap bulan, kepada anuitan (penerima anuitas) sampai dengan Seumur hidup peserta.Jika Peserta utama meninggal manfaat bulanan turun kepada Janda/ Duda sampai dengan seumur hidup, Jika Janda/ Duda meninggal, maka manfaat bulanan turun kepada anak, sampai dia sudah menikah, sudah bekerja, atau sudah mencapai Usia 25 tahun.

    Jenis – jenis Program Anuitas Seumur Hidup Sbb:
    -> Anuitas Murni
    -> Anuitas Cash Refund
    -> Anuitas Eskalasi
    -> Anuitas 65 Tahun
    -> Anuitas Tailormide

    Usia tua seharusnya menjadi waktu untuk ketenangan dan pemenuhan kebutuhan, menikmati hasil dari masa hidupnya selama bekerja dan berinvestasi, dan bebas dari kekhawatiran finansial.

    AJB Bumiputera 1912 membantu memastikan bahwa masa tua Anda merupakan yang terbaik bagi kehidupan Anda melalui berbagai produk Anuitas.
    Mitra Anuitas Prima
    1. Pembayaran Manfaat Anuitas Bulanan (MAB).
    2. Jika peserta meninggal dunia, maka duda/ janda dari peserta *), akan diberikan santunan sebesar 60% dari MAB anggota.
    3. Jika duda/ janda meninggal dunia, maka akan dibayarkan santunan yatim piatu sebesar 33% dari MAB peserta hingga mencapai usia 25 tahun atau menikah.
    *) Selama masih hidup atau hingga menikah kembali.
    Mitra Anuitas Proteksi
    1. Pembayaran Manfaat Anuitas Bulanan (MAB)
    2. Jika peserta meninggal dunia sebelum usia 65 tahun, maka seluruh Dana awal akan dikembalikan.
    3. Jika peserta meninggal dunia, maka duda/ janda dari peserta *), akan diberikan santunan sebesar 60% dari MAB anggota.
    4. Jika duda/ janda meninggal dunia, maka akan dibayarkan santunan yatim piatu sebesar 33% dari MAB peserta hingga mencapai usia 25 tahun atau menikah.
    * Selama masih hidup atau hingga menikah kembali.
    Mitra Anuitas Sejahtera
    1. Pembayaran Manfaat Anuitas Bulanan (MAB).
    2. Jika peserta meninggal dunia, maka duda/ janda dari peserta *), akan diberikan santunan sebesar 60% dari MAB anggota.
    3. Jika duda/ janda meninggal dunia, maka akan dibayarkan santunan yatim piatu sebesar 33% dari MAB peserta hingga mencapai usia 25 tahun atau menikah.
    4. Jika peserta masih hidup hingga usia 65 tahun, maka seluruh Dana awal akan dikembalikan.
    * Selama masih hidup atau hingga menikah kembali.

    Catatan:
    Seluruh produk anuitas memberi fasilitas eskalasi peningkatan manfaat hingga 5%.
  • Asuransi Kecelakaan ( Proteksi Murni 24 jam )
    Melindungi Pengusaha dan Karyawan Dari Akibat Kecelakaan
    Program perlindungan asuransi Kecelakaan AJB Bumiputera 1912, memberikan santunan kepada Tertanggung jika terjadi kecelakaan dalam periode asuransi.
    Jika seorang karyawan meninggal dunia atau cacat permanen karena kecelakaan, baik keluarga dan perusahaan tempatnya bekerja akan merasakan akibatnya. Bagi keluarga, kematian atau cacat dapat mempengaruhi kesejahteraan keluarga, sedangkan bagi perusahaan, dapat berarti kehilangan tenaga kerja yang terampil dan diperlukan proses perekrutan dan biaya pelatihan yang tidak sedikit.
    Dengan mempertimbangkan kerugian finansial yang mungkin terjadi karena kematian tersebut, maka seorang pimpinan yang bijaksana akan menyelenggarakan program perlindungan bagi karyawan/ anggota keluarganya untuk mengantisipasi risiko bagi semua pihak.
    Asuransi Jiwa Kecelakaan Diri Kumpulan adalah program asuransi yang memberikan perlindungan murni terhadap risiko kecelakaan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun dengan proteksi 24 Jam secara penuh perhari.
    Kecelakaan, dalam istilah asuransi kecelakaan ini, merupakan peristiwa yang tidak terduga, terjadi secara tiba-tiba, tanpa peringatan atau tidak dikehendaki, yang menyebabkan peserta menderita cacat fisik atau meninggal dunia, sebagai akibat dari setiap tindakan yang diambil oleh pihak lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.
    Peristiwa atau kejadian yang dianggap sebagai suatu kecelakaan dalam Asuransi Kecelakaan Diri meliputi:
    • Keracunan karena secara tidak sengaja menghirup gas/ uap yang mengandung racun
    • Musibah mendadak seperti: kapal karam, pendaratan darurat, tertimpa reruntuhan, tertabrak kendaraan bermotor.
    • Tindakan penganiayaan atau diserang oleh pihak ketiga tanpa adanya unsur kesalahan dari peserta, apapun bentuk dan sifatnya
    Jenis Resiko Kecelakaan:
    • Risiko A merupakan risiko kecelakaan yang menyebabkan peserta meninggal dunia. Santunan yang diberikan sebesar 100% dari Uang Pertanggungan. Kematian karena kecelakaan merupakan kematian yang terjadi dalam waktu maksimum 90 (sembilan puluh) hari sejak terjadinya kecelakaan dan selama jangka waktu tersebut peserta terus-menerus mengalami sakit karena kecelakaan tersebut.
    • Risiko B merupakan risiko kecelakaan yang menyebabkan peserta menderita cacat tetap, baik total maupun tidak. Cacat tetap merupakan kondisi cacat yang dialami secara terus menerus selama masa hidupnya dan tidak ada cara untuk menyembuhkannya. Hal ini mencakup cacat pada sebagian anggota tubuh sehingga bagian yang cacat tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
    Premi
    Premi Asuransi dapat ditetapkan sebagai nilai nominal (jumlah tetap) atau yang terkait dengan gaji. Metode pembayaran untuk masa asuransi kurang dari 1 tahun dilakukan sekaligus, sedangkan untuk masa asuransi lebih dari 1 tahun, dapat dibayar secara bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan maupun pembayaran tunggal.
    Persyaratan
    Peserta harus dalam kondisi sehat secara jasmani dan rohani, serta tidak menjalani perawatan medis.
  • Asuransi IDAMAN ( Iuran Dana Mantap )
    Melindungi dari Kejadian yang tidak terduga dan tidak diinginkan.
    Kesejahteraan keuangan adalah hal yang didambakan oleh setiap karyawan atau anggota asosiasi, tetapi memastikan kesejahteraan tersebut bukan hanya merupakan tanggung jawab perusahaan atau organisasi dimana mereka bekerja.
    Manfaat kedua belah pihak: karyawan dengan mengetahui jaminan keuangannya dilindungi, dan perusahaan dengan memiliki tenaga kerja yang termotivasi, loyal yang yakin dengan masa depannya. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya berbagi tanggung jawab.
    Setiap karyawan menghadapi jenis-jenis risiko yang berbeda, seperti:
    • Risiko yang tidak dapat dihindari dan waktunya tidak dapat diketahui (Kematian).
    • Risiko yang tidak dapat dihindari dan dapat diperhitungkan (usia tua/ pensiun).
    • Risiko yang tidak dapat diketahui tetapi mungkin terjadi (Pemutusan Hubungan Kerja [PHK], pengunduran diri atau pemecatan).
    Untuk mencegah kerugian finansial/ materi sebagai akibat dari risiko-risiko tersebut, AJB Bumiputera 1912 telah membuat produk asuransi yang disebut Asuransi Jiwa Bersama IDAMAN (Iuran Dana Mantap) Kumpulan.
    Asuransi ini terdiri dari unsur-unsur tabungan dan perlindungan. Unsur tabungan memberikan akumulasi dana yang lebih progresif dibanding dengan produk asuransi pada umumnya. Adapun nilai pertanggungan meningkat setiap tahun, sehingga semakin lama menjadi peserta, maka semakin tinggi perlindungan yang akan diterima oleh mereka melalui program ini.
    Asuransi Jiwa IDAMAN Kumpulan (Iuran Dana Mantap) merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kematian untuk jangka waktu tertentu hingga maksimum 30 tahun, serta menyediakan dana dalam bentuk akumulasi nilai uang yang meningkat secara progresif dari waktu ke waktu.
    Manfaat-manfaat yang diberikan adalah:
    • Santunan Meninggal Dunia: Jika peserta meninggal dunia dalam masa asuransi, maka ahli warisnya akan menerima santunan dan uang tunai secara bersama-sama. Uang Pertanggungan meningkat setiap tahun sebesar 50% dari nilai pertanggungan awal, dimulai pada tahun kedua.
    • Manfaat Nilai Tunai: Jika peserta berhenti dari program ini, maka ia, pemegang polis, akan menerima Nilai Tunai sesuai dengan tabel alokasi premi, berdasarkan premi terakhirnya.
    Program Asuransi ini dapat digunakan untuk perusahaan, yayasan, koperasi, organisasi atau lembaga pendidikan yang siswanya memerlukan dana untuk membiayai kegiatan lapangan mereka atau menyelesaikan tugas akhir studinya.
    Program Premi Asuransi dihitung berdasarkan Uang Pertanggungan awal yang dikehendaki. Premi dapat dibayar secara bulanan, triwulanan, semesteran atau tahunan.
  • Asuransi Ekawaktu Kumpulan
    Melindungi Anda dan keluarga karyawan dari tragedi yang tidak terduga.
    Produk Ekawaktu AJB Bumiputera 1912 adalah program perlindungan asuransi non-tabungan yang memberikan perlindungan murni terhadap risiko kematian, yang berlaku untuk periode tertentu dan melindungi dari kemungkinan kerugian-kerugian yang terjadi karena kematian karyawan.
    Jika seorang karyawan/ anggota perusahaan/ organisasi meninggal dunia, baik keluarganya dan perusahaan/ organisasi di mana dia bekerja dapat terkena dampaknya.Bagi keluarga yang ditinggalkan, kematian tersebut dapat mempengaruhi kesejahteraan keluarga, sedangkan bagi perusahaan, hal ini menimbulkan hilangnya tenaga kerja yang terampil dan diperlukan proses perekrutan dan biaya pelatihan yang tidak sedikit.
    Dengan mempertimbangkan kerugian finansial yang mungkin terjadi, maka seorang pimpinan yang bijaksana akan menyelenggarakan program perlindungan bagi karyawan/ anggota keluarga untuk mengantisipasi risiko bagi semua pihak.
    Asuransi Jiwa Ekawaktu Kumpulan adalah program asuransi yang memberikan perlindungan dari risiko kematian.
    Jika peserta meninggal dunia ketika masih dalam masa pertanggungan, maka ahli warisnya akan diberikan santunan sebesar Uang Pertanggungan yang disepakati (UP). Jika peserta masih hidup hingga akhir masa asuransi, maka tidak ada pembayaran apapun terhadapnya.
    Uang Pertanggungan
    Besarnya Uang Pertanggungan untuk masing-masing peserta ditetapkan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan membayar premi.
    Uang Pertanggungan dapat ditetapkan dalam bentuk:
    • Nominal (Rupiah)
    • Terkait dengan Gaji.
    • Terkait dengan Masa Kerja dan Gaji
    • Terkait dengan Biaya yang diperlukan.
    Penggunaan Program
    Program asuransi ini dapat digunakan untuk perlindungan jangka panjang (lebih dari satu tahun) dan perlindungan jangka pendek (kurang dari satu tahun)
    Perlindungan Jangka Panjang (lebih dari 1 tahun)
    Melindungi peserta dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun, biasanya terdiri dari:
    • Karyawan Perusahaan
    • Anggota Organisasi
    • Asosiasi
    Perlindungan Jangka Pendek (kurang dari 1 tahun)
    Melindungi peserta yang mengikuti suatu kegiatan jangka pendek yang lamanya kurang dari satu tahun dalam kegiatan seperti:
    • Seminar/ lokakarya/ kursus (Peserta/ Panitia)
    • Pertandingan (Pemain dan Penonton)
    • Perjalanan (Peserta dan Panitia)
    • Piknik/ Rekreasi (Peserta, Pengunjung, dan Penyelenggara)
    • Tamu Hotel/ Penginapan (Tamu dan Penyelenggara)
  • Asuransi Mitra Prima ( $ ) Individual
    Perlindungan, tabungan dan ketenangan pikiran - sebuah program asuransi dengan manfaat ganda yang memberikan perlindungan yang paling Anda butuhkan. (USD)

    Program asuransi "Mitra Prima" AJB Bumiputera 1912 dengan mata uang dolar ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Anda yang paling mendasar dari program Asuransi: perlindungan selama program berlangsung, tabungan ketika program berakhir, dan warisan untuk orang yang Anda cintai jika kematian mengakhiri program lebih awal.

    Dengan Mitra Prima, Anda tidak perlu membayar untuk manfaat tambahan yang Anda tidak butuhkan.

    Mitra Prima dirancang untuk mengantisipasi dua situasi. Pertama, jika Anda sebagai Tertanggung dapat menyelesaikan program asuransi hingga akhir kontrak, maka Anda akan menerima akumulasi dari nilai pertanggungan yang disepakati.

    Namun, jika kontrak harus berakhir di tengah jalan karena kematian, ahli waris yang Anda tunjuk akan menerima santunan sebesar uang pertanggungan seperti yang tercantum di dalam polis.

    Untuk kedua situasi tersebut, Anda atau ahli waris Anda berhak memperoleh bonus akumulasi tambahan sebagaimana disebutkan di dalam polis, dan Anda juga dapat meminta perpanjangan manfaat dengan menambahkan asuransi atas resiko kecelakaan AB dan premi pembebasan.

    Sebagai produk asuransi murni, Mitra Prima menjanjikan pertanggungan risiko kematian sebesar 100% (seratus persen) dari nilai pertanggungan, kecuali jika Tertanggung meninggal dunia pada masa observasi polis, yaitu ketika polis belum berusia 2 (dua) tahun. Jika kematian disebabkan oleh kecelakaan, maka ahli waris masih berhak untuk mendapatkan 100% (seratus persen) dari nilai pertanggungan.

    Persyaratan
    Mitra Prima tidak mensyaratkan dilakukannya pemeriksaan dokter (non-medis), jika Anda berusia antara 20 (dua puluh) tahun hingga 50 (lima puluh) tahun, atau menghendaki nilai pertanggungan maksimum sebesar US$ 40.000 (empat puluh ribu US dolar). Di atas usia atau nilai pertanggungan tersebut, Mitra Prima tetap mensyaratkan adanya pemeriksaan dokter (medis) sesuai dengan ketentuan penjaminan yang berlaku.

    Mitra Prima dipasarkan dalam mata uang Dollar, dengan pembayaran premi minimum sebesar US$ 100 (seratus US dollar). Premi ini dapat dibayar sekaligus jika dikehendaki, untuk menghindari fluktuasi mata uang atau keharusan pengaturan pembayaran premi secara berkala.
  • Asuransi Mitra Oetama ($) Individual
    Memberikan dana untuk biaya rumah sakit dan pengobatan, serta mendapatkan bunga atas investasi Anda. (USD)

    Mitra Oetama AJB Bumiputera 1912 adalah program asuransi dengan mata uang dolar yang mempersiapkan Anda untuk membiayai perawatan rumah sakit dan pengobatan, serta membayar investasi kompetitif Anda atas premi asuransi yang dibayar. Program ini juga mencakup perlindungan jiwa, dengan pembayaran yang fleksibel.

    Mitra Oetama bersifat menyeluruh, mudah dan praktis.

    Dengan Mitra Oetama, premi Anda (setelah dikurangi dengan premi risiko) akan meningkat nilainya karena terdapat hasil investasi, dan pada akhir kontrak, akumulasi premi akan berubah menjadi tabungan yang dapat Anda ambil.

    Dalam bentuk perlindungan jiwa, Anda berhak atas santunan sebesar 100% (seratus persen) jika Tertanggung meninggal dunia. Dan santunan ini menjadi 200% (duaratus persen) jika meninggal dunia karena kecelakaan.

    Jika Anda sebagai Tertanggung harus dirawat di rumah sakit, Anda juga berhak mendapatkan biaya rawat inap sebesar 2% (dua persen) dari nilai pertanggungan per hari, dimulai pada hari ketiga, selama maksimum 90 (sembilan puluh) hari per tahun.

    Mitra Oetama menawarkan sistem pembayaran premi tunggal yang fleksibel, yang jumlahnya dapat ditingkatkan untuk menghasilkan nilai pertanggungan asuransi yang lebih besar dan tabungan.

    Premi awal yang dibayarkan adalah minimal sebesar US$ 5, 000 (lima ribu US Dolar), dengan premi selanjutnya dimulai sebesar minimum US$ 1, 000 (seribu US Dolar) yang dapat ditingkatkan dengan kelipatan US$ 100 (seratus US Dolar). Masa kontrak bervariasi antara 3 sampai 15 tahun, tergantung pada kebutuhan Anda.

    Persyaratan
    Mitra Oetama tersedia untuk mereka yang berusia antara 15 dan 60 tahun. Bagi Anda yang berusia antara 15 dan 50 tahun, Anda mendapatkan pertanggungan non-medis hingga maksimum US$ 40, 000 (empat puluh ribu US dolar). Sementara di atas usia 50 tahun, Anda berhak mendapatkan asuransi yang sama jika dilengkapi dengan pemeriksaan dokter dan mematuhi ketentuan AJB Bumiputera 1912 yang berlaku.
  • Asuransi Mitra Abadi ($) Individual
    Perlindungan untuk orang yang Anda cintai seumur hidupnya. (USD)

    Mitra Abadi AJB Bumiputera 1912 merupakan program asuransi dalam mata uang dolar yang dirancang untuk memberikan perlindungan seumur hidup, memastikan bahwa orang yang Anda cintai tetap dapat merasakan perlindungan keuangan setelah Anda meninggal dunia.

    Perencanaan untuk masa depan adalah sangat baik, namun kita tidak dapat memastikan berapa lama usia kita. Jika usia kita terpotong karena penyakit yang tidak terduga atau kecelakaan, bagaimana kita merasa yakin bahwa keluarga kita akan tetap aman secara keuangan tanpa kita memberi bantuan kepada mereka?

    Dengan Mitra Abadi, Anda dapat beristirahat dengan nyaman. Dan dengan melakukan pembayaran secara teratur selama jangka waktu program, Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi seumur hidup, dan jika Anda meninggal dunia, keseluruhan nilai pertanggungan akan dibayarkan kepada ahli waris yang ditunjuk.

    Mitra Abadi dipasarkan dalam mata uang Dolar dengan jangka waktu pembayaran premi antara 3 (tiga) tahun hingga 20 (dua puluh) tahun. Sebagai produk asuransi murni, Mitra Abadi menyediakan santunan kematian sebesar 100% (seratus persen) dari nilai pertanggungan, kecuali jika Tertanggung meninggal pada masa observasi polis belum berusia 2 (dua) tahun. Jika kematian diakibatkan oleh kecelakaan, maka ahli waris tetap mendapatkan santunan kematian, yaitu 100% (seratus persen) dari nilai pertanggungan.

    Persyaratan
    Untuk dapat ikut serta dalam asuransi ini, Anda harus berusia antara 15 (lima belas) tahun dan 55 (lima puluh lima) tahun, tetapi Tertanggung tidak harus selalu bertindak sebagai Pemegang Polis.

    Mitra Abadi tidak mensyaratkan pemeriksaan dokter (non-medis), terutama bagi mereka yang berusia di bawah 50 (lima puluh) tahun atau yang menghendaki nilai pertanggungan maksimum hingga US$ 40.000 (empat puluh ribu dolar). Di atas usia atau nilai pertanggungan tersebut, Mitra Abadi mensyaratkan polis pemeriksaan dokter (medis) sesuai dengan ketentuan AJB Bumiputera 1912 yang berlaku.

    Mitra Abadi ditawarkan dengan premi minimum USD 100 (seratus dolar). Jika Anda ingin bebas dari masalah fluktuasi mata uang dan kewajiban untuk membayar premi secara teratur, Anda dapat membayar premi yang berlaku sekaligus.

    Jika terjadi kematian lebih awal, selain mendapatkan warisan sebagaimana disebutkan di atas, ahli waris Anda juga berhak mendapatkan tambahan pengembalian premi deposito seperti yang ditentukan dalam tabel premium deposit.
  • Asuransi Mitra Poesaka ($) Induvidual
    Perlindungan untuk Anda dan keluarga Anda, sekarang dan masa depan, dengan tabungan yang terkait dengan investasi dan fleksibilitas tak terbatas. (USD)

    "Mitra Poesaka" AJB Bumiputera 1912 merupakan program asuransi dalam mata uang dolar yang menawarkan perlindungan asuransi dan tabungan yang terkait dengan program investasi, dengan fleksibilitas yang unik yang memungkinkan Anda untuk merubah pembayaran premi, menarik tabungan, dan meningkatkan nilai pertanggungan.

    Hal ini berarti bahwa dengan Mitra Poesaka, Anda tidak perlu khawatir jika keadaan ekonomi menyebabkan Anda harus mengakhiri asuransi Anda sebelum masa pertanggungan berakhir. Produk ini ideal untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan dan melindungi masa depan keluarga Anda.

    Persyaratan
    Jika Anda sebagai Tertanggung, berusia minimum 15 tahun dan maksimum 65 tahun (pada saat asuransi dimulai ditambah masa pertanggungan), maka Anda dapat memperoleh perlindungan dan tabungan yang ditawarkan oleh Mitra Poesaka.

    Jika Anda berusia antara 15 dan 50 tahun, Anda dapat memperoleh pertanggungan non-medis hingga maksimum sebesar US$ 40, 000.00 (empat puluh ribu dolar). Sementara mereka yang berusia di atas usia tersebut masih berhak untuk memperoleh perlindungan asuransi yang sama jika dilengkapi dengan hasil pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan memenuhi ketentuan AJB Bumiputera 1912 yang berlaku.

    Mitra Poesaka ditawarkan dalam mata uang US Dollar dengan sistem pembayaran premi tunggal. Namun, jika Anda ingin menambahkan premi Anda setiap saat, maka setiap penambahan premi akan dinyatakan sebagai premi tunggal yang akan meningkatkan nilai asuransi dan tabungan. Anda juga dapat menambahkan resiko premi "A" untuk risiko kecelakaan.

    Masa pertanggungan untuk Mitra Poesaka adalah minimum 3 tahun dan maksimum 15 tahun.

    Jika Anda sebagai Tertanggung hidup hingga akhir masa asuransi, Anda berhak atas warisan tabungan (nilai tunai) sebesar nilai yang dihitung pada akhir kontrak.

    Namun, jika Anda sebagai Tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris yang Anda tunjuk berhak atas santunan sebesar 100% dari nilai pertanggungan (setara dengan 5 kali akumulasi pembayaran premi), ditambah nilai tabungan (nilai tunai) yang besarnya sesuai dengan perhitungan.
  • Asuransi Mitra Beasiswa Berencana (Rp) Individual
    Memberikan perlindungan anak dan biaya pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. (IDR)

    Setiap orang tua menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anak mereka, dan memberikan mereka awal yang lebih baik. Namun banyak orang tua kuatir bahwa melonjaknya biaya sekolah akan menempatkan pendidikan yang baik di luar jangkauan anak-anak mereka, dan kuatir akan masa depan anak-anaknya jika terjadi sesuatu terhadap mereka.

    Mitra Beasiswa disediakan dalam mata uang Rupiah dan merupakan program Mitra Beasiswa yang menjamin pembiayaan pendidikan anak sepenuhnya, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, terlepas dari perubahan keadaan keuangan.

    Mitra Beasiswa dirancang khusus untuk menjadi mitra anak dalam pendidikan, memastikan anak-anak Anda secara teratur mendapatkan uang yang mereka butuhkan untuk melanjutkan pendidikan mereka. Masa depan anak-anak juga terlidungi karena program ini dirancang untuk memastikan agar mereka tetap mendapatkan dana beasiswa hingga mereka lulus, walaupun jika orang tua mereka meninggal dunia.

    Beragam Manfaat

    Melalui Mitra Beasiswa, manfaat yang Anda akan dapatkan meliputi:
    a Dana Kelangsungan Belajar (DKB) yang dibayarkan secara bertahap, sesuai dengan tingkat usia anak, baik Tertanggung hidup atau meninggal dunia.
    b. Dana Beasiswa anak, dibayarkan pada saat periode asuransi berakhir, baik tertanggung masih hidup atau meninggal dunia.
    c. Santunan meninggal dunia sebesar 100% dari uang pertanggungan.
    d. Bebas premi bagi polis jika Tertanggung meninggal dunia.
    e. Pengembalian simpanan premi bagi polis saat Tertanggung meninggal dunia jia premi dibayarkan secara penuh setelah jumlah premi diperhitungkan.
    f. Hak untuk mendapatkan Reversionary Bonus, jika Tertanggung meninggal dunia, penebusan polis, atau habis kontrak.

    Persyaratan
    Jika Anda berusia 21 tahun atau sudah menikah, Anda berhak untuk menjadi seorang pemegang polis. Pemegang polis belum tentu termasuk Tertanggung, tetapi antara Pemegang Polis dan Tertanggung, harus ada bunga jaminan - suami, istri dan anak yang sah.

    Masa pertanggungan untuk asuransi ini adalah minimum 2 tahun dan maksimum 17 tahun. Premi dibayar dalam mata uang Rupiah, dan dapat dibayar sekaligus, tahunan, setengah tahunanan, atau tiap tiga bulan.

    Asuransi dapat diperoleh dengan atau tanpa pemeriksaan kesehatan. Masa observasi untuk kewajiban tanpa pemeriksaan kesehatan adalah 2 tahun, kecuali jika terjadi kecelakaan atau adanya wabah penyakit yang telah dinyatakan oleh lembaga kesehatan setempat, di mana ketentuan untuk masa observasi tanpa pemeriksaan kesehatan tidak berlaku.
  • Asuransi Mitra Cerdas (Rp) Individual
    Sebuah program asuransi pendidikan yang nilainya bertambah ketika kebutuhan biaya pendidikan anak Anda bertambah. (IDR)

    Mitra Cerdas AJB Bumiputera 1912 merupakan program asuransi dalam mata uang Rupiah yang menyediakan biaya pendidikan yang terkait dengan investasi. Sehingga, dana yang dirancang untuk biaya pendidikan akan meningkat sejalan dengan hasil investasi.

    Menabung untuk pendidikan masa depan anak Anda merupakan gagasan yang bijaksana, tetapi biaya pendidikan dapat naik lebih cepat dari tabungan Anda, dan menimbulkan masalah nyata ketika Anda hanya dapat memenuhi sebagian kecil saja.

    Mitra Cerdas dirancang secara khusus untuk mengembangkan dana yang Anda alokasikan untuk pendidikan anak Anda. Berbeda dengan asuransi pendidikan pada umumnya yang hanya menawarkan perlindungan dan tabungan, program ini memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan hasil investasi yang kompetitif dari premi asuransi yang Anda bayar.

    Mitra Cerdas adalah program dengan beragam manfaat yang menawarkan keuntungan-keuntungan, seperti:

    Dana Kelangsungan Belajar (DKB) yang dibayarkan secara bertahap sesuai dengan tingkat usia anak-anak, baik Tertanggung hidup atau meninggal dunia.
    Jaminan perolehan hasil investasi sebesar 4, 5% per tahun dari akumulasi premi tabungan.
    Tambahan hasil investasi jika dana investasi yang diperoleh AJB Bumiputera 1912 melebihi hasil investasi yang dijamin pada poin 2.
    Santunan kematian 100% dari Uang Pertanggungan.
    Bebas premi bagi polis untuk Tertanggung yang meninggal dunia.
    Pengembangan investasi sebagaimana dinyatakan pada butir 2 dan 3 untuk Dana Kelangsungan Belajar (DKB), yang tidak dapat diambil pada saat jatuh tempo.
    Jika Pemegang Polis menghendaki, setelah Tertanggung meninggal dunia, polis dapat diakhiri dengan penarikan Dana Kelangsungan Belajar (DKB) sekaligus, tanpa mengurangi hak-hak lain yang diuraikan sebelumnya pada butir 2, 3 dan 4.

    Persyaratan
    Jika Anda berusia minimum 21 tahun dan maksimum saat mulai asuransi ditambah dengan masa asuransi tidak lebih dari 65 tahun, Anda berhak menjadi Tertanggung. Masa asuransi minimum 3 tahun dan maksimum 17 tahun.

    Minimum uang pertanggungan untuk masing-masing Polis adalah Rp 100.000.000 (seratus juta Rupiah). Premi dapat dibayarkan dalam Rupiah, dengan sistem pembayaran tunggal atau tahunan, setengah tahunan, dan triwulanan.

    Anda bisa mendapatkan Mitra Cerdas dengan pemeriksaan dokter (medis) atau tanpa pemeriksaan dokter (non-medis), dengan mengacu pada ketentuan AJB Bumiputera 1912 yang berlaku. Batas maksimum Uang Pertanggungan yang dijamin tanpa pemeriksaan dokter (non-medis) adalah Rp 200.000.000 (dua ratus juta Rupiah).
  • Asuransi Mitra Sehat (Rp) Individual
    Merencanakan keuangan bagi kesehatan dan keluarga Anda. (IDR)

    Menderita sakit dan dirawat di rumah sakit merupakan masalah yang berat. Kecemasan atas pembayaran biaya pengobatan dan keadaan keluarga Anda saat Anda tidak bekerja akan membuat segalanya menjadi jauh lebih buruk.

    Untuk perlindungan terhadap dampak penyakit dan perawatan rumah sakit, Mitra Sehat AJB Bumiputera 1912 mempersiapkan dana untuk membiayai perawatan serta memberikan hasil investasi terbaik dari premi yang dibayar untuk menanggung biaya hidup keluarga Anda di masa depan saat Anda pulih.

    Beragam Manfaat
    Melalui Mitra Sehat, manfaat yang akan Anda dapatkan meliputi:

    Asuransi biaya rawat inap sebesar 3% dari Uang Pertanggungan - maksimum Rp. 1.000.000, - per hari, dimulai pada hari ketiga, maksimum 90 hari per tahun;
    Santunan meninggal dunia sebesar 100% dari Uang Pertanggungan.
    Hasil investasi sebesar 4, 5% per tahun dari akumulasi simpanan premi;
    Tambahan hasil investasi jika dana investasi yang diperoleh AJB Bumiputera 1912 melebihi hasil investasi yang dijamin pada poin 3.

    Persyaratan
    Jika Anda berusia antara 21 tahun dan maksimum ( usia pada saat pembukaan asuransi ) tidak lebih dari 65 tahun, Anda berhak untuk menjadi pemegang Polis. Masa periode asuransi minimum 5 tahun dan maksimum 15 tahun dan minimum uang pertanggungan untuk setiap polis adalah Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah). Premi dibayar dalam mata uang Rupiah dan dapat dibayar sekaligus, tahunan, setengah tahunan, atau triwulanan.

    Ketentuan medis

    Anda dapat menerima Mitra Sehat baik dengan menjalani pemeriksaan kesehatan (medis), atau tanpa pemeriksaan kesehatan (non-medis) dengan mengacu kepada ketentuan yang ditetapkan oleh AJB Bumiputera 1912. Batas maksimum total risiko Uang Pertanggungan untuk asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan (non-medis) adalah Rp 300.000.000, (tiga ratus juta rupiah). Santunan meninggal dunia untuk asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan (non-medis), tergantung pada masa observasi selama 2 tahun.

    Pembayaran Premi Terhenti
    Mitra Sehat mempunyai masa leluasa (grace period) selama 30 hari kalender. Jika Anda menghentikan pembayaran premi setelah melewati masa leluasa, maka Anda dapat menarik hasil dana asuransi yang didapatkan. Jika Anda tidak menarik hasil dana tersebut, maka dana yang ada akan terus dikembangkan hingga akhir periode asuransi. Santunan meninggal dunia tidak dibayarkan. Setiap polis yang pembayaran preminya terhenti dapat dipulihkan kembali dalam jangka waktu 3 tahun setelah penghentian pembayaran premi.
  • Asuransi Mitra Permata (Rp) Individual
    Nilai tinggi dan fleksibilitas - tabungan yang dapat Anda andalkan. (IDR)

    Jika Anda mencari program tabungan dalam mata uang Rupiah yang dapat memberikan nilai investasi tinggi, dan perlindungan asuransi bagi Anda dan keluarga Anda, serta fleksibilitas untuk mengatur keuangan Anda, AJB Bumiputera 1912 memiliki produk asuransi yang Anda butuhkan.

    Mitra Permata dirancang untuk menyediakan manfaat perlindungan tabungan dengan nilai investasi yang tinggi. Dan walaupun Mitra Permata adalah sebuah program asuransi, produk ini dirancang untuk menawarkan fleksibilitas yang tidak terbatas, memungkinkan Anda untuk menentukan pembayaran premi, jumlah uang pertanggungan, dan nilai penarikan tabungan.

    Anda dapat menambah pembayaran premi setiap saat, dan setiap peningkatan dinyatakan sebagai premi tunggal dan menambah uang pertanggungan dan tabungan Anda.

    Masa pertanggungan asuransi Mitra Permata berlaku mulai dari minimum 5 tahun hingga maksimum 15 tahun.

    Selama jangka waktu tersebut, Anda sebagai Pemegang Polis berhak mendapatkan sebagian dari akumulasi dana tabungan hingga maksimum 50% dari dana akumulasi yang ada untuk setiap penarikan. Tabungan dapat ditarik maksimal 3 kali dalam setahun.

    Jika Anda, sebagai Tertanggung, masih hidup pada waktu berakhirnya masa pertanggungan, Anda sebagai Pemegang Polis atau pihak yang Anda tunjuk, berhak atas jumlah tabungan sesuai dengan yang dihitung menurut kontrak Anda.

    Namun, jika Anda sebagai Tertanggung meninggal dunia sebelum berakhirnya masa pertanggungan, Ahli waris yang Anda tunjuk berhak untuk mendapatkan 100% dari uang pertanggungan, ditambah jumlah tabungan dihitung.

    Persyaratan
    Jika Anda, sebagai Tertanggung, berusia antara usia 15 tahun dan 65 tahun (atas dimulainya asuransi ditambah masa pertanggungan), Anda berhak untuk mendapatkan perlindungan dan tabungan Mitra Permata.

    Jika Anda berusia antara 15 tahun dan 50 tahun, Anda dapat memperoleh pertanggungan non-medis hingga maksimum Rp 200.000.000 - (dua ratus juta rupiah). Di atas usia tersebut, Anda akan tetap berhak untuk menerima pertanggungan yang sama jika Anda menunjukan surat keterangan dokter dan memenuhi ketentuan penjamin.
  • Asuransi Mitra Melati (Rp) Individual
    Program asuransi yang memberikan perlindungan dan tabungan, serta dikaitkan dengan kinerja investasi. (IDR)

    Mitra Melati AJB Bumiputera 1912 merupakan program asuransi dalam Rupiah yang menawarkan manfaat dalam bentuk perlindungan dan tabungan serta menjamin pendapatan investasi biasa.

    Dirancang khusus untuk mereka yang membutuhkan asuransi dengan program manfaat tetap, Mitra Melati menawarkan perpaduan antara kebutuhan perlindungan dan tabungan/ investasi. Tidak seperti program asuransi konvensional yang umumnya menjanjikan perlindungan jiwa hanya dengan suku bunga tetap, Mitra Melati juga memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan hasil investasi maksimal dari dana asuransi yang telah Anda setorkan.

    Dengan membayar premi minimum Rp 1.000.000 .- (satu juta Rupiah), Anda berhak atas manfaat, termasuk:

    Jaminan untuk menerima dana klaim setelah berakhirnya kontrak, minimum 110% dari Uang Pertanggungan .
    Jaminan untuk menerima hasil investasi sebesar 4, 5% per tahun dari akumulasi tabungan premi.
    Tambahan hasil investasi jika dana investasi yang diperoleh AJB Bumiputera 1912 melebihi hasil investasi yang dijamin pada poin 2
    Jaminan santunan kematian

    Persyaratan
    Jika Anda berusia antara 15 tahun dan 60 tahun, Anda berhak untuk ikut serta dalam asuransi. Usia Tertanggung pada saat mulai asuransi, ditambah dengan masa asuransi maksimum 65 tahun.

    Masa asuransi akan sama dengan masa pembayaran premi: minimum 5 tahun dan maksimum 10 tahun. Premi dapat dibayar secara tahunan, setengah tahunan, dan triwulanan.

    Tersedia dengan pemeriksaan dokter (medis) atau tanpa pemeriksaan dokter (non-medis), dengan mengacu pada ketentuan AJB Bumiputera 1912 yang berlaku.
  • Asuransi Mitra Dana (Rp) Individual
    Investasi makin berkembang, perlindungan asuransi juga meningkat.

    Perpaduan dari Perlindungan, Tabungan, dan Investasi
    Asuransi Mitra Dana dirancang untuk menjadi salah satu instrumen investasi Anda. Melalui program ini, dana Anda akan berkembang sesuai pola bunga majemuk (bunga berbunga), dengan tingkat bunga kompetitif. Mitra Dana memberikan fasilitas potongan premi tanpa mengurangi nilai Uang Pertanggungan asuransi Anda.

    Investasi Dijamin Meningkat

    Mitra Dana memberikan jaminan perolehan hasil investasi minimal sebesar 4.5% efektif per tahun atau 0.37% per bulan, dari akumulasi dana premi.
    Pemegang Polis berhak mendapatkan tambahan hasil investasi jika hasil investasi yang diperoleh AJB Bumiputera 1912 melebihi hasil investasi 4.5% per tahun, sebagaimana yang dijamin pada butir 1.

    Perkembangan Dana Asuransi
    *) asumsi bunga 12%

    Proteksi Ganda
    Jika Tertanggung meninggal dunia, ahli waris yang ditunjuk berhak menerima santunan meninggal dunia, meliputi:

    Uang Pertanggungan sebesar 125% Premi Tunggal.
    Akumulasi dana premi sesuai hasil pengembangan investasi AJB Bumiputera 1912.

    Dapatkan Potongan Premi
    Mitra Dana dapat Anda miliki dengan Premi Tunggal mulai dari Rp. 250.000.000, -. Potongan premi tidak akan mengurangi manfaat asuransi, sebagai berikut :

    Potongan premi 5%: Premi Tunggal Rp. 250 juta s.d Rp. 500 juta
    Potongan premi 7.5%: Premi Tunggal Rp. 501 juta s.d Rp. 750 juta
    Potongan premi 10%: Premi Tunggal diatas Rp. 750 juta

    Fleksibel

    Masa asuransi minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun.
    Mitra Dana dapat Anda peroleh dengan pemeriksaan dokter (medis) atau tanpa pemeriksaan dokter (non medis), dengan mengacu pada ketentuan underwriting yang berlaku di AJB Bumiputera 1912.

    Persyaratan
    Jika Anda berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat berakhirnya program Asuransi Mitra Dana maka Anda berhak menjadi Pemegang Polis Mitra Dana.

    Informasi perkembangan hasil investasi dapat Anda peroleh dengan menghubungi kantor cabang AJB Bumiputera 1912 terdekat.
  • Asuransi Ekawaktu Ideal (Rp) Individual
    Meningkatkan dana untuk masa pensiun Anda, serta memberikan keluarga Anda perlindungan keuangan yang mereka butuhkan jika Anda tidak mencapai masa pensiun. (IDR)

    Ekawaktu Ideal AJB Bumiputera 1912 adalah produk asuransi dalam mata uang Rupiah yang dirancang untuk membantu keluarga Indonesia dengan memberikan layanan tabungan untuk masa pensiun serta melindungi kesejahteraan keuangan keluarga jika Tertanggung meninggal dunia lebih awal.

    Waktu cenderung berlalu dengan cepat. Sebelum kita mengetahuinya, anak-anak telah tumbuh dewasa dan masa pensiun sudah dekat.

    Jika Anda ingin menikmati masa pensiun dengan bahagia karena kebutuhan keuangan Anda terpenuhi, Anda tidak perlu khawatir bagaimana mempertahankan standar hidup Anda dan keluarga Anda seperti ketika Anda belum pensiun.

    Ekawaktu Ideal dirancang untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk masa pensiun, meningkatkan nilai tabungan yang akan mendukung Anda dan keluarga Anda ketika Anda tidak lagi bekerja, sekaligus melindungi Anda dari risiko keuangan.

    Dengan Ekawaktu Ideal, jika Anda sebagai Tertanggung hidup hingga akhir masa pertanggungan, maka pemegang polis akan menerima akumulasi dana, yang terdiri dari semua premi dasar yang dibayarkan, ditambah Bonus Pengembalian.

    Namun, jika Anda meninggal dunia selama masa pertanggungan, maka ahli waris yang Anda tunjuk akan menerima santunan sebesar Nilai Pertanggungan yang disebutkan di dalam polis.

    Ekawaktu Ideal bersifat fleksibel dan mudah. Syarat-syarat kontrak mulai dari minimal 5 (lima) tahun. Anda dapat mengatur premi yang lebih rendah dan periode pembayaran yang fleksibel, serta dengan mudah dapat menyesuaikan jangka waktu kontrak sesuai dengan kebutuhan dan situasi keuangan Anda, dan memilih pembayaran premi secara triwulanan, setengah tahunan, atau tahunan.
  • Asuransi Mitra Pelangi (Rp) Individual
    Tujuh manfaat dalam satu program - perlindungan dan tabungan, dengan empat manfaat tambahan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda. (IDR)

    Mitra Pelangi merupakan program asuransi dalam mata uang Rupiah yang memenuhi kebutuhan Anda yang paling mendasar dari program asuransi: untuk perlindungan selama program berlangsung dan mempersiapkan warisan jika terjadi kematian.

    Mitra Pelangi juga menawarkan bonus setelah satu tahun, ditambah 4 (empat) pilihan manfaat tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda, termasuk asuransi perlindungan risiko kecelakaan A, AB, ABD, dan fasilitas pembebasan premi.

    Dengan Mitra Pelangi, jika Anda sebagai Tertanggung hingga akhir program asuransi ini, maka pada akhir kontrak, Anda akan menerima Nilai Pertanggungan yang disepakati. Namun jika kontrak diakhiri di tengah jalan karena kematian, ahli waris yang ditunjuk akan menerima santunan sebesar uang pertanggungan yang tercantum di dalam polis.

    Selain dua manfaat utama tersebut, terdapat juga bonus yang dapat Anda nikmati setelah program Mitra Pelangi berjalan selama satu tahun.

    Anda juga memiliki pilihan untuk memperoleh hingga empat manfaat tambahan untuk menutupi:

    Risiko A : Kematian karena kecelakaan

    Risiko B: Cacat fisik tetap karena kecelakaan

    Risiko C: Penggantian biaya perawatan/ pengobatan akibat kecelakaan

    Pembebasan Premi: Jika peserta mengalami cacat tetap (total) dalam masa pembayaran premi, maka kekurangan premi akan ditanggung oleh perusahaan.

    Persyaratan

    Jika Anda, sebagai Tertanggung, berusia kurang dari 15 tahun, Anda berhak atas perlindungan Mitra Pelangi. Jika Anda berumur antara 15 hingga 19 tahun, Anda dapat memperoleh pertanggungan non-medis hingga maksimum Rp 100.000.000 (seratus juta Rupiah), dan jika Anda berumur antara 20 hingga 50 tahun, mendapatkan uang pertanggungan non-medis maksimum Rp 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta Rupiah). Sedangkan jika Tertanggung berusia lebih dari 50 tahun, pemeriksaan oleh seorang dokter sangat dibutuhkan, sesuai dengan ketentuan AJB Bumiputera 1912 yang berlaku.

    Premi dapat dibayarkan secara triwulanan, enam bulanan, tahunan, tunggal, atau sebagai premi tahunan. Terdapat tenggang waktu untuk pembayaran premi yaitu 30 (tiga puluh) hari.

    Masa pertanggungan untuk Mitra Pelangi adalah minimum 5 (lima) tahun dan maksimum 15 (lima belas) tahun, dan masa pertanggungan yang ditambahkan ke usia Tertanggung adalah maksimum 65 tahun.
  • Asuransi Mitra Guru (Rp) Individual
    Mensejahterakan para guru melalui asuransi jiwa perorangan.

    AJB Bumiputera 1912 didirikan oleh tiga orang guru dengan tujuan memberikan kesejahteraan bagi para guru pada zaman Hindia Belanda. Kini, AJB Bumiputera meneruskan misi tersebut melalui perlindungan asuransi yang khusus diperuntukkan oleh para guru.

    Perlindungan, Tabungan, dan Investasi

    Mitra Guru dirancang khusus untuk memberikan perlindungan bagi para guru di Indonesia. Melalui program ini, para guru akan mendapatkan asuransi perlindungan dari AJB Bumiputera 1912 yang nilainya meningkat setiap tahun. Program ini merupakan perpaduan tabungan dan investasi, yang menyediakan hasil investasi yang kompetitif bagi para guru dari pengembangan dana premi asuransi yang dibayar.

    Peningkatan Jaminan Investasi

    Memberikan jaminan investasi minimum 4.5% per tahun atau 0.37% per bulan, dari akumulasi dana premi.
    Mendapatkan tambahan hasil investasi jika hasil investasi yang diperoleh oleh AJB Bumiputera 1912 melebihi hasil investasi 4.5% per tahun, seperti terjamin pada poin 1.

    Proteksi Ganda

    Jika Tertanggung meninggal dunia, ahli waris yang ditunjuk menerima santunan meninggal dunia, meliputi :

    Uang Pertanggungan yang meningkat sebesar 20% uang pertanggungan awal setiap tahun, pada saat Tertanggung meninggal dunia.
    Akumulasi dana premi sesuai dengan hasil perkembangan investasi AJB Bumiputera 1912.

    Premi Ringan & Terjangkau

    Dengan pembayaran premi minimum Rp. 100.000, - setiap bulan, Anda akan mendapatkan Uang Pertanggungan Awal sebesar Rp. 5.000.000, -
    Pembayaran premi bisa dilakukan secara bulanan, triwulan, setengah tahunan atau tahunan.

    Fleksibel

    Masa asuransi minimum 5 tahun dan maksimal 35 tahun
    Mitra Guru dapat diperoleh dengan pemeriksaan dokter ( medis ) atau tanpa pemeriksaan dokter ( non-medis ), dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku.

    Persyaratan

    Jika Anda berusia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun pada saat berakhirnya masa asuransi, Anda berhak menjadi pemegang polis.

    Dengan Mitra Guru, para guru dapat menikmati kebahagiaan dan kesejahteraan pada masa pensiun tanpa kecemasan dalam hal keuangan.

    * Informasi perkembangan hasil investasi dapat diperoleh dengan menghubungi kantor AJB Bumiputera 1912 terdekat.
Ajak Kerjasama :
  • Asuransi Kesejahteraan Karyawan
    Dukungan keuangan yang bermanfaat ketika tidak sanggup lagi bekerja
    Setiap bisnis mengandalkan karyawan, dan bisnis yang sukses adalah mereka yang menjaga kesejahteraan tenaga kerjanya dan memberikan motivasi yang menjamin loyalitas dan kinerja yang optimal.
    Program Kesejahteraan Karyawan AJB Bumiputera 1912 dikembangkan untuk memberikan perlindungan dan keamanan finansial bagi karyawan dan/ atau keluarga mereka jika terjadi cacat akibat kecelakaan atau hal lain, kematian tidak terduga, atau berkurangnya penghasilan akibat pensiun. Program ini memungkinkan karyawan mengetahui bahwa Anda peduli terhadap kesejahteraan mereka dan keluarganya serta memberikan mereka kepercayaan diri karena masa depan mereka terjamin.
    Terdapat tiga resiko utama yang dihadapi oleh karyawan yaitu: pensiun ketika karyawan tidak lagi bekerja secara aktif di perusahaan karena usia atau kondisi fisik tertentu, kematian ketika karyawan meninggal dunia yang menyebabkan keluarganya tidak lagi mendapatkan manfaat dari pendapatannya dan mungkin menghadapi masalah serius dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, serta resiko cacat fisik karena kecelakaan atau sebab lain yang membuat karyawan tidak dapat melaksanakan pekerjaannya dan menyebabkan pendapatannya berkurang atau sama sekali tidak memiliki pendapatan.
    Untuk memenuhi resiko ini, AJB Bumiputera 1912 telah merancang sebuah produk asuransi jiwa yang disebut Program Kesejahteraan Karyawan Kumpulan.
    Skema ini melindungi kesejahteraan financial karyawan dan keluarga mereka ketika karyawan tersebut mencapai usia pensiun, dan/ atau mengalami cacat tetap total, atau tidak dapat bekerja lagi karena sakit atau meninggal dunia.
    Terdapat dua skema utama: Santunan Pembayaran Pensiun Penuh dan Santunan Pembayaran Pensiun Berkala.
    SKEMA PENSIUN SEKALIGUS
    Memberikan manfaat pensiun kepada karyawan yang telah pensiun atau ahli warisnya dalam bentuk pembayaran sekaligus.
    1. Santunan Pembayaran Pensiun: Setiap karyawan yang mencapai usia pensiun berhak untuk menerima sejumlah nilai manfaat (Uang Pertanggungan) seperti yang disepakati.
    2. Santunan Meninggal Dunia: Jika karyawan meninggal dunia sebelum mencapai usia pensiun, ahli warisnya berhak untuk menerima santunan (Uang Pertanggungan) seperti yang disepakati.
    3. Santunan Cacat: Jika karyawan mengalami cacat tetap total atau tidak dapat bekerja lagi (dinyatakan oleh dua dokter dan salah satunya dokter dari AJB Bumiputera 1912), maka ia berhak atas santunan sebesar Uang Pertanggungan yang disepakati.
    Besarnya Uang Pertanggungan dapat disesuaikan dengan permintaan/ kondisi perusahaan. Uang Pertanggungan tersebut dapat berupa nominal (jumlahnya tetap) atau dikaitkan dengan gaji terakhir dan masa kerja.
    SANTUNAN PEMBAYARAN PENSIUN BERKALA
    Memberikan santunan kepada Karyawan, Janda/ Duda Karyawan dan yatim piatu anak karyawan, dalam bentuk pembayaran berkala (setiap bulan) selama mereka hidup.
    1. Santunan Pembayaran Pensiun Karwayan: Santunan yang dibayar dalam bentuk pembayaran berkala setiap bulan kepada orang yang telah pensiun, yang memenuhi syarat pensiun, baik karena usia, cacat atau ketidakmampuan untuk bekerja, dan dibayar selama peserta tersebut masih hidup.
    2. Santunan Janda/ Duda Karyawan: Santunan yang dibayar dalam bentuk pembayaran berkala setiap bulan kepada suami/ istri karyawan apabila karyawan meninggal dunia, baik selama masa kerjanya atau selama jangka waktu pensiun, dan dengan syarat bahwa ahli waris masih hidup dan belum menikah.
    3. Santunan Yatim Piatu Anak Karyawan: Santunan yang dibayar dalam bentuk pembayaran berkala setiap bulan kepada anak karyawan apabila anak tersebut menjadi yatim piatu. Santunan ini dibayar selama ahli waris tersebut masih berusia di bawah 25 tahun, belum menikah, dan belum bekerja.
    Besarnya santunan berkala, apakah untuk karyawan yang telah pensiun, duda/ janda dan anak-anaknya dapat disesuaikan sesuai dengan kebijakan dan kemampuan perusahaan.
  • Asuransi Kesehatan Mitra Medicare Kolektif
    Perlindungan Asuransi Untuk Menutupi Biaya Perawatan Kesehatan dan Operasi.
    Asuransi Jiwa Kumpulan Mitra Medicare ini memberlakukan metode pelayanan kesehatan dimana Peserta bebas melakukan perawatan melalui jaringan pemberi layanan kesehatan (jaringan provider) yang dikelola oleh TPA yang bekerja sama dengan Bumiputera yaitu PT Administrasi Medika (AdMedika), PT Intensive Medicare (I'MCARE 177).
    Jaringan provider yang disediakan terdiri dari :
    - Praktek Dokter Umum / Poliklinik Dokter Umum
    - Dokter Spesialis di Rumah Sakit
    - Apotek
    - Laboratorium di Rumah Sakit
    - Rumah Sakit beserta seluruh fasilitas pendukungnya
    Kemudahan
    Program asuransi ini memberikan kemudahan pelayanan kepada setiap pesertanya karena dalam program ini tidak ada advanced payment yang harus dikeluarkan/ dibayarkan kepada dokter, apotek, rumah sakit, maupun Badan yang menyelenggarakan fasilitas pengobatan selama peserta menjalankan prosedur pengobatan secara benar.
    Keunggulan
    a. Fleksibilitas benefit yang dapat dirancang ( tailor made ) sesuai dengan :
    - kebutuhan, anggaran, dan peraturan perusahaan
    - benefit yang telah diikuti perusahaan dengan Asuransi sebelumnya.
    b. Layanan yang mudah ( cashless system )
    c. Peserta tidak dibatasi pada pilihan dokter atau rumah sakit selama dalam jaringan provider
    d. Layanan yang proaktif dan responsive layanan customer service 24 jam / 7 hari
    e. Hot Line Service ( 24 jam )
    f. Tidak memerlukan tes kesehatan
    g. Iuran dapat dibayar per Semester dan Tahunan
    h. Kantor Cabang dan Perwakilan Divisi Askum di seluruh Indonesia lebih kurang 65 kantor
    i. Pelayanan Klaim Peserta Askum dilakukan melalui sistem 1(satu) pintu antara Badan sebagai Pemegang Polis dengan Penanggung ( AJB Bumiputera 1912 )
    Keuntungan
    Keuntungan bagi Perusahaan :
    a. Perusahaan dapat menentukan anggaran biaya tambahan peningkatan kesejahteraan atau biaya perlindungan keselamatan kerja atau anggaran biaya kesehatan bagi Pegawai secara berkala dalam jumlah tetap.
    b. Perusahaan dapat lebih memfokuskan konsentrasinya pada core business yang dikelola karena program jaminan perlindungan atau peningkatan kesejahteraan karyawan telah di "outsource" kepada lembaga pengelola yang professional
    c. Departemen sumber daya manusia di perusahaan dapat lebih memfokuskan pekerjaannya kepada program yang lebih strategis seperti " pengembangan sumberdaya manusia yang berdaya guna ".
    d. Perusahaan dapat mengurangi "claim paper-works" yang cukup menyita waktu.

    Keuntungan bagi Karyawan atau Peserta adalah :
    a. Menimbulkan rasa aman karena perlindungan kesehatannya telah dijamin.
    b. Dalam keadaan mendesak, mereka tidak perlu direpotkan dengan penyediaan dana pengobatan.
    c. Mereka tidak perlu " meminjam uang " atau " kas bon " ke perusahaan jika sewaktu-waktu memerlukan biaya pengobatan.
    d. Memberikan kemudahan untuk dapat melaksanakan pemeriksaan / pengobatan kapanpun dan dimanapun mereka berada di jaringan rumah sakit provider.
    e. Setiap peserta akan mendapatkan kartu peserta, dan khusus Program Asuransi Kesehatan Kumpulan kepada orang tua yang bekerja tidak perlu khawatir jika anaknya sakit karena Kartu Peserta akan kami berikan kepada peserta yang masih berusia balita sekalipun.

    Prosedur Layanan
    1. Ketentuan Umum
    a. Setiap peserta akan mendapatkan kartu peserta yang harus diperlihatkan bila ingin berobat ke provider penyedia pelayanan kesehatan.

    b. Perawatan Kesehatan yang dilakukan di luar jaringan provider ( reimbursement ) akan mendapatkan penggantian sesuai kuitansi asli tagihan dari pelayanan kesehatan maksimal sebesar manfaat dalam tabel benefit mana yang lebih rendah.
    2. Ketentuan Pelayanan Kesehatan di Provider
    Jika peserta diharuskan menjalani perawatan di rumah sakit ( tidak dalam keadaan darurat ), maka peserta dapat langsung mendatangi rumah sakit provider dengan ketentuan :
    a. Peserta wajib menunjukkan Kartu Peserta yang sah dan berlaku kepada petugas pendaftaran di Provider.
    b. Peserta akan menerima pelayanan kesehatan sesuai standar pelayanan kesehatan di masing-masing provider.
    c. Seluruh biaya rawat inap dan atau pembedahan, yang timbul menjadi tanggung jawab dan akan dibayar secara langsung oleh Bumiputera, maksimum sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit atau maksimum sesuai Lampiran Manfaat Asuransi pada proposal ini.
    d. Apabila oleh sebab apapun juga terdapat kelebihan biaya rawat inap dan atau pembedahan, dari maksimum manfaat sesuai tercantum dalam Lampiran tabel manfaat asuransi pada Proposal ini, maka kelebihan biaya tersebut menjadi beban dan tanggung jawab Peserta.
    e. Selanjutnya atas kelebihan biaya tersebut harus sudah dibayarkan oleh Peserta pada saat keluar dari Rumah Sakit.
    f. Peserta menempati kelas kamar perawatan sesuai dengan hak peserta yang tercantum dalam kartu peserta atau ragam benefit rawat inap dan atau pembedahan yang menjadi haknya.
    g. Apabila Peserta pada saat mendaftarkan diri di Provider, tidak mendapatkan pelayanan rawat inap sesuai kamar yang menjadi hak Peserta karena tidak adanya kamar yang tersedia berdasarkan penjelasan tertulis dari Rumah Sakit, maka BADAN akan memberikan toleransi bagi Peserta untuk menempati kelas kamar diatas harga kamar yang menjadi haknya selama perawatan dengan maksimal harga kamar yang dijamin oleh BADAN sebesar 20% atau Rp. 40.000, - selama 1x24 jam, mana yang lebih rendah.
    Apabila setelah 1x24 jam Peserta masih belum menempati kelas kamar yang menjadi haknya atau atas permintaan sendiri masih menempati kelas kamar yang bukan menjadi haknya, maka perawatan hari kedua diberlakukan sistem reimbursement.
    h. Apabila Peserta pada saat mendaftarkan diri di Provider, tidak mendapatkan kamar pelayanan rawat inap sesuai kamar yang menjadi hak Peserta di Provider berdasarkan penjelasan tertulis dari Provider dikarenakan kelas kamar penuh, maka Peserta dapat menempati kelas kamar 1 ( satu ) tingkat diatas kelas kamar yang menjadi haknya selama 2x24 jam. Apabila setelah 2x24 jam Peserta tidak kembali menempati kelas kamar yang menjadi haknya maka kelebihan biaya pelayanan kesehatan pada hari ketiga dan seterusnya menjadi tanggung jawab Peserta yang sudah harus dibayarkan pada saat Peserta meninggalkan provider.
    i. Apabila Peserta/ Tertanggung menempati klas kamar tidak sesuai dengan haknya atas permintaan sendiri, maka sistem pelayanan bersifat reimbursement.

    Kepersertaan
    Untuk mengikuti program asuransi jiwa kumpulan, kamu menetapkan beberapa persyaratan kepesertaan, yaitu:
    1. Peserta adalah karyawan dengan atau tanpa pasangan dan secara resmi didaftarkan oleh Pemegang Polis secara tertulis kepada Bumiputera.
    2. Termasuk dalam kategori usia normal adalah berkisar antara 0 hari s.d. 55 tahun.
    3. Seluruh calon peserta Asuransi harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, serta tidak sedang dalam perawatan dokter.
    4. Jika pada saat asuransi mulai berlaku atas peserta karyawan dan salah satu anggota keluarganya dalam keadaan sakit, maka asuransi atas anggota keluarga yang sakit tersebut mulai berlaku setelah yang bersangkutan sehat kembali dan permintaan menjadi peserta disetujui oleh AJB Bumiputera 1912.

    Bukti & Masa Kepesertaan
    Sebagai bukti bahwa suatu perusahaan atau peserta telah terdaftar sebagai Peserta dari program Asuransi Jiwa Kumpulan adalah berupa:
    1. Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Penanggung dan Perusahaan
    2. Kartu tanda peserta bagi peserta dan hanya berlaku sesuai ketentuan produk, kehilangan kartu tanda peserta akan dikenakan sanksi pembuatan kartu baru sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Polis Induk atas nama Perusahaan sebagai bukti adanya Perjanjian Asuransi antara Penanggung dan Tertanggung.

    Iuran atau Premi
    1. Sistem Pembayaran Iuran/ Premi dapat:
    a Kontribusional dimana iuran/ premi dibayarkan oleh
    Perusahaan;
    b Non-Kontribusional dimana iuran/ premi dibayarkan oleh Peserta tanpa adanya kontribusi dari Perusahaan;
    2. PERUSAHAAN (PEMEGANG POLIS) wajib membayar Premi kepada Penanggung (Bumiputera) untuk setiap Pegawai dan atau Pasangan yang dihitung berdasarkan usia Pegawai, besar Uang Pertanggungan dan ragam manfaat yang ditentukan bagi masing-masing Peserta dengan besarnya premi sesuai perhitungan teknis aktuaria.
    3. Kewajiban pembayaran Premi sebagaimana dimaksud dalam angka (1) ini dibayarkan secara tahunan atau semesteran,
    4. Premi dibayarkan oleh Perusahaan paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah kuitansi tagihan pembayaran premi diterima Perusahaan.
    5. Pembayaran premi sebagaimana dimaksud angka (3) ini dibayarkan oleh Perusahaan kepada AJB Bumiputera 1912 melalui transfer rekening bank yang ditunjuk AJB Bumiputera 1912.

    Manfaat Dasar Asuransi
    Biaya-biaya yang ditanggung adalah:
    a. Biaya Kamar dan Penginapan (HSI)
    b. Unit Perawatan Intensif (HS2)
    c. Perawat Pribadi (HS3)
    d. Kunjungan Dokter di Rumah Sakit (HS4)
    e. Konsultasi Dokter/ Spesialis di Rumah Sakit Sebelum dan Selama Rawat Inap (HS5)
    f. Aneka Perawatan Rumah Sakit (HS6)
    g. Biaya Ambulans (HS7)
    h. Pembedahan (HS8)

    i. Anestesi (HS9)
    j. Kamar Operasi (HS10)
    k. Perawatan Darurat Rawat Jalan (HS11)
    l. Perawatan Darurat Gigi (HS12)
    m. Konsultasi Dokter/ Spesialis sesudah rawat inap (HS13)


Membuat situs langsung jadi? Silahkan kunjungi indonetwork.co.id